5 Kejadian Fatal yang Membuat Anak Celaka di Dalam Rumah Sendiri

Anak adalah salah satu titipan yang paling berharga dari Tuhan yang harus selalu kita jaga, rawat dan sayangi sampai kapan pun. Memberikan yang terbaik dan melindungi mereka dari sesuatu yang berbahaya apalagi saat anak masih kecil harus dilakukan oleh setiap orang tua. Banyak sekali kejadian fatal yang terjadi di sekitar kita dan membuat anak celaka saat berada di dalam rumah. Agar Anda tetap waspada dan selalu berjaga-jaga, berikut ini hal yang sering terjadi dan bisa Anda hindari.

 
Kejadian Fatal Yang Membuat Anak Celaka Saat Di Dalam Rumah

Hindari beberapa hal dibawah ini agar tidak terjadi hal yang fatal dan berbahaya bagi anak.

1. Meminum atau memakan bahan berbahaya

Memiliki anak kecil yang belum paham segala sesuatu dan dalam fase senang memasukkan segala hal ke dalam mulut adalah hal yang harus Anda waspadai. Jangan tinggalkan berbagai bahan berbahaya ditempat yang bisa dijangkau oleh anak-anak. Sesuatu yang fatal bisa saja terjadi akibat kelalaian tersebut dan banyak pula yang berujung kematian.

2. Terkena benda tajam

Kadangkala kita sering lupa meletakkan benda tajam seperti pisau, gunting, jarum dan lain sebagainya di berbagai tempat. Mulai sekarang selalu ingat untuk meletakkannya di tempat yang tidak bisa dijangkau oleh anak. Bisa saja anak Anda yang belum paham tentang benda tajam yang berbahaya menganggapnya sebagai mainan. Bila Anda sedang tidak mengawasinya bisa jadi Anak dapat melukai dirinya sendiri.

3. Terjatuh dari tangga

Untuk Anda yang memiliki rumah bertingkat, Anda harus lebih ekstra hati-hati dalam mengawasi anak terutama yang masih sangat kecil. Karena menaiki tangga tanpa pengawasan sangat besar resikonya untuk terjatuh dan berakibat fatal. Untuk anak Anda yang sudah agak besar juga tetap memerlukan pengawasan. Ingatkan mereka untuk berjalan di tangga dengan hati-hati, tidak berlari dan berpegangan.

4. Tersengat aliran listrik

Anak-anak terkadang tidak tahu bahwa aliran listrik adalah sesuatu yang berbahaya. Oleh karena itu jauhkanlah berbagai macam kabel dan sumber listrik agar tidak terjadi hal yang fatal. Bisa saja tanpa sengaja anak memegang atau menyentuh kabel yang terkelupas saat bagian tubuhnya masih basah dengan air dan tersengat. Hal ini sebisa mungkin harus dihindari dan Anda sebagai orang tua harus mengantisipasinya.

5. Tenggelam di kolam renang

Bila rumah Anda memiliki fasilitas kolam renang, jangan biarkan anak Anda bermain di lingkungan tersebut sendirian. Temani dan perhatikan mereka dengan seksama saat berada di kolam renang karena biasanya kolam renang dibuat 2 versi yaitu untuk anak dan orang dewasa. Jangan sampai hal fatal terjadi bila anak tanpa sengaja tercebur di kolam yang dalam.

Tips yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir kejadian fatal tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

1. Orang tua tidak boleh asyik sendiri saat anak sedang beraktivitas sehingga tahu apa yang dilakukan apakah berbahaya atau tidak. Banyak orang tua yang sibuk dengan gadgetnya saat anak beraktivitas di rumah karena sudah dianggap aman dan ternyata hal itu yang menjadikan Anda lalai.

2. Letakkan bahan atau barang berbahaya jauh dari jangkauan anak sehingga tidak bisa diraih dengan mudah. Berikan mainan yang aman dan sesuai dengan usianya agar tidak menggunakan hal lain yang tidak sepantasnya dimainkan.

3. Yakinkan anak Anda berada di kawasan yang minim bahaya walaupun di dalam rumah dan bila perlu berikan pengaman pada bagian benda yang berbahaya. Misalnya saja Anda bisa menambahkan pengaman di sudut meja dan kunci lemari yang digunakan untuk menyimpan benda tajam atau bahan berbahaya.

Semoga beberapa hal yang sudah disampaikan bisa membuat Anda menjadi orang tua yang lebih sadar akan keamanan anak walaupun sedang di dalam rumah sekalipun. Jangan asyik dengan dunia Anda sendiri karena anak juga membutuhkan orang tuanya yang selalu mengajak berkomunikasi, mengajarkan banyak hal dan tentu saja menjadi teman tumbuh kembangnya.