Anti Kemahalan! Beli Rumah Dengan Harga Murah? Bisa ... Ini Tipsnya

Rumah merupakan aset impian setiap manusia yang dapat dijadikan sebagai investasi ataupun lahan bisnis. Meskipun terkesan menggiurkan, namun membeli rumah bukan suatu hal yang mudah. Seiring berkembangnya waktu, harga rumah akan semakin mahal. Hal ini membuat seseorang perlu menyiapkan dana yang tak sedikit untuk membeli rumah.


Banyak masyarakat yang cenderung memilih rumah dengan fasilitas lengkap namun dibandrol dengan harga mudah. Banyak yang mencari info rumah dijual murah agar mendapatkan rumah sesuai yang diharapkan. Dalam hal ini, Anda harus cermat dalam memilih ruah supaya bisa mendapatkan rumah berkualitas, namun harga tetap terjangkau. Bagaimana caranya?

Tips Membeli Rumah dengan Harga Murah

Berikut tips yang harus dilakukan untuk membeli rumah dengan harga murah dan kualitas terjamin :

1. Lakukan Riset Secara Online

Jika ingin membeli rumah dengan kualitas yang bagus sesuai dengan anggaran, Anda dapat melakukan riset secara online melalui situs rumah123, rumah.com, urbanindo, dan situs lainnya. Dari situs-situs tersebut, Anda dapat melihat filter harga, lokasi, dan ketentuan yang diinginkan sesuai dengan anggaran Anda.

2. Cari Yang Dilelang / Over Kredit

Ingin mendapatkan rumah berkualitas bagus dengan bandrol harga yang cenderung murah? Anda bisa memilih rumah yang dilelang. Karena membeli rumah hasil lelangan akan lebih murah dibandingkan dengan membeli rumah second. Hal ini disebabkan karena adanya pihak yang membutuhkan uang masuk. Maksudnya, pihak bank akan melelang rumah penjamin utang karena nasabah tidak mampu melunasi hutangnya sesuai dengan perjanjian. Dengan begitu harga rumah yang ditawarkan akan cenderung murah.

3. Cari Rumah Tua Yang Layak

Banyak yang berfikiran bahwa rumah tua akan cenderung kotor dan kumuh. Tetapi tidak semua rumah tua memiliki kondisi seperti itu, meskipun umur rumah tergolong tua namun kondisi rumah masih layak dihuni. Rumah tua juga dapat dibandrol dengan harga yang mahal apabila lokasi rumah berada di lokasi yang strategis.

Dengan begitu sebaiknya kita memilih membeli rumah tua yang kondisi rumahnya agak sedikit rusak dengan lokasi yang strategis. Mengapa demikian? Karena dengan permasalahan tersebut, kita dapat mendapatkan harga yang lebih murah. Tidak hanya murah, pasalnya Anda akan merasa beruntung apabila membeli rumah tersebut karena harganya akan semakin meningkat di kemudian hari.

4. Beli Rumah Subsisi

Jika Anda memiliki penghasilan yang cenderung rendah, Anda bisa membeli rumah dari program subsidi. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan harga yang rendah dengan kualitas bagus dan letaknya juga strategis. Bahan material bangunannya juga terjamin. Letak rumah subsidi berada di Perumahan Nasional (Perumnas). Cara agar dapat membeli rumah subsidi yaitu dengan mengajukan diri ke BTN dan melengkapi dokumen persyaratan. Jika ingin tau lebih lanjut bisa mengunjungi situs lengkap perumnas.

5. Beli Di kawasan Pinggir Kota

Faktor utama yang mempengaruhi mahalnya rumah yaitu lokasi. Lokasi rumah yang strategis dan berada di tengah kota akan cenderung dibandrol dengan harga yang mahal. Maka dari itu, pilihlah lokasi rumah di pinggir kota sehingga akan mendapatkan harga yang lebih murah. Tak perlu khawatir meskipun di pinggir kota, bukan berarti wilayahnya terbelakang. Seiring perkembangan jaman, rumah di kawasan pinggiran kota juga semakin maju dan modern.

Itulah kelima tips dalam membeli rumah dengan harga yang murah. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat untuk Anda. Jika telah mendapatkan rumah yang Anda impikan manfaatkan peluang bisnis yang ada, misalnya dengan menyewakan ruang kamar yang tidak terpakai atau menjadikan garasi menjadi toko agar dapat meningkatkan pendapatan Anda. Cara ini bisa digunakan untuk cicilan pembelian rumah impian Anda.